PENGERTIAN WWAN, WMAN, WLAN, WPAN

Teknologi wireless yang begitu fleksibel dan menawarkan mobilitas tinggi dimanfaatkan untuk bebagai keperluan. Teknologi wireless sangat cocok dan banyak digunakan untuk mengganti kabel-kabel mouse, kabel jaringan LAN dan bahkan kabel WAN yang sebelumnya membuthkan jaringan kabel. Teknologi yang digunakan untuk masing-masing kebutuhan-pun berbeda-beda sesuai dengan jarak tempuh yang mampu ditanganinya
.



WPAN
Secara kasar, semakin jauh daya jangkau wireless, semakin tinggi pula kebutuhan daya dan semakin canggih teknologi yang digunakan, semakin tinggi pula kebutuhan hardwarenya. anda tentu tidak suka bila setelah mengaktifkan jaringan wireless, handphone anda langsung kehabisan baterai dalam waktu 1 menit bukan? anda juga tidak suka bila handphone anda merespon yang anda lakukan dalam 10 detik kemudian atau maouse anda berbentuk sebesar kelapa. Kerena itu, untuk menghemat daya dan biaya peralatan, peralatan semacam handphone, mouse, keyboard, kamera digital, remote control, dll cukup menggunakan teknologi wireless dengan daya jangkauan tebatas. Tidak ada gunanya wireless mouse anda memiliki jangkauan 1 kilometer karena anda tidak bisa melihat monitor anda dari jarak sejauh itu.

Teknologi yang populer untuk menggantikan jaringan jarak pendek ini adalah si gigi biru atau bluetooth menggunakan frekwensi radio sendangkan IrDa menggunakan sinar infrared sehingga  IrDa mengharuskan  benda yang hendak dihubungkan harus diletakan dalam posisi saling berhadapan dan tidak ada yang menghalanginya. Teknologi IrDa banyak digunakan pada remote control dan juga diimplementasikan dalam leptop.
Bluetooth belakangan ini semakin populer karena alat yang hendak berkomunikasi tidak perlu diletakan dalam posisi saling berhadapan. Headset handphone misalnya, menggunakan bluetooth untuk berhubungan dengan handphonenya sehinggga anda hanya perlu memasang headset di telinga sementara handphonenya sendiri ada di kantong anda.

Bluetooth juga digunakan sebagai media untuk bertukar file antara handphone sehingga anda tidak membutuhkan kabel yang rumit lagi. Ada juga mouse yang menggunakan bluetooth  untuk berkomunikasi sehingga membuat mouse jenis ini tidak ada ekornya lagi.

Kedua teknologi ini yang digolongkan kedalam jaringa WPAN (Wireless Personal Area Network), mempunyai keunggulan masing-masing. Bluetooth yang tanpaknya sangat unggul dalam segala sisi ternyata lebih rawan terhadap  interfrensi sementara IrDa hampir tidak terpengaruh oleh hiruk piku frekwensi yang ada disekitarnya sehingga sangat cocok digunakan didalam lingkungan yang penuh dengan frekwens pengganggu.

Karena keunikan masing-masing, biasanya anda masih akan menemukan kedua teknologi ini dalam sebuah peralatan elektronika seperti leptop dan handphone namun seiring dengan perkembangan jaman, perlatan akan lebih banyak memanfaatkan teknologi bluetooth dibandingkan dengan IrDa.

WLAN
Kelompok kedua dari jaringan wireless yang mempunyai jarak tempuh lebih jauh dari WPAN dikelompokan dalam bentuk WLAN(Wireless Local Area Network). Teknologi wireless dalam kelompok ini ditunjukan untuk menggantiikan kabel UTP yang selama ini digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dalam sebuah gedung. Teknologi wireless yang populer inilah yang dinamakan Wi-Fi.
Kecepatan transfer data Wi-Fi yang saat ini sudah mencapai 1.3 Gbps, tampaknnya sudah bisa menggantikan kabel untuk jaringan LAN, namun kenyataan ini tidaklah demikian. Akibat dari kelemahan dari jaringan wireless seperti adanya interfrensi , jumlah clien yang terbatas pada suatu area dan lain-lain yang menyebabkan penggunaan client yang banyak akan membuat kecepatan yang drop sehingga jaringan Wi-Fi tetap tidak bisa cocok untuk segala kondisi dan tidak bisa menggatikan jaringan kabel 100%.

WMAN
Untuk teknologi wireless yang mempunyai daya jangkauan yang lebih jauh lagi dari pada WPAN dan WLAN, dikategorikan dalam kelompok WMAN (Wireless Metropolitan Area Network). Jaringan ini mempunyai daerah cakupan sebuah kota. Contoh teknologi kabel yang termasuk dalam kategori ini adalah DSL sedangkan teknologi wireless yang digunakan adalah Wi-Max yang sedang hangat-hangatnya belakang ini. Dengan Wi-Max daerah-daerah terpencil yang selama ini terbengkalai oleh jaringan kabel bisa terjangkau.

Sampai saat ini masih terjadi tarik ulur mengenai ijin dan aturan main jaringan wireless ini kerena besarnya bisnis dan uang yang ada didalamnya.

WWAN
Kelompok terakhir yang cakupannya mampu menjangkau sebuah negara dan bahkan dunia dikategorikan ke dalam WWAN (Wireless Wide Area Network). Termasuk ke dalam kategori ini adalah teknologi GSM yang digunakan oleh handphone. Dengan perjanjian roaming antar operator, anda bisa
menggunakan handphone anda dari negara manapun.




(Sumber  Buku Wireless Kunfu Networking & Hacking Edisi 2015, Terbitan Jasakom)

Trima Kasih telah membacanya, Semoga bermanfaat...